Bagaimana Nike Mengubah Sepatu Lari Menjadi Fashion

Bagaimana Nike Mengubah Sepatu Lari Menjadi Fashion

Bagaimana Nike Mengubah Sepatu Lari Menjadi Fashion

Sepatu Nike pertama dibuat dalam waffle iron. Ladang lari dekat rumah Oregon pelari dan juga instruktur Bill Bowerman sedang membuat perubahan dari cinder ke permukaan buatan, dan dia menginginkan sol tanpa paku yang akan memberinya, dan murid-muridnya, membutuhkan pegangan saat mereka berlari di atasnya. Kisi-kisi tiga dimensi dari besi menggunakan respons, setidaknya untuk alas sepatu pergi. Ketika datang ke sisa tata letak, minimal pada awalnya? Itu utilitarian: dibuat oleh pelari, untuk jogging, serta khawatir terutama dengan membuat pemakai mereka lebih ringan, dan juga karenanya lebih cepat, di kaki mereka.

Bahwa Nike saat ini adalah salah satu merek terbesar dan juga paling terkenal di seluruh dunia adalah sangat baik dilakukan oleh mitra Bowerman, pria yang akhir-akhir ini mengungkapkan pengunduran dirinya dari perusahaan: Phil Knight. Knight mengubah Nike, tidak semalaman namun dekat dengannya, menjadi pusat kekuatan internasional, yang dikenal baik untuk keberhasilannya maupun kontroversi. Meskipun demikian, dia melakukan hal lain: Dia mengubah sepatu atletik menjadi mode Bagaimana Nike Mengubah Sepatu Lari Menjadi Fashion.

Bagaimana Nike Mengubah Sepatu Lari Menjadi Fashion

Ini sebagai hasil dari Knight yang, misalnya, Kanye West memiliki alas kaki khusus, Yeezy Boost. Pada Januari lalu, Karl Lagerfeld dari Chanel dan Raf Simons dari Dior mengirimkan sepatu merek dagang di landasan mereka. Dan itu, September lalu, Alice Temperley menata runway-nya terlihat dengan sepatu kets. Dan bahwa Mo’ne Davis, dia dari popularitas Little League World Series, telah merilis sederet sepatu kets gaya untuk wanita ($ 75 sepasang).

Knight tahu, sebelumnya, hanya apa yang kita anggap disetujui hari ini: itu juga yang paling praktis dari sepatu – juga sepatu yang kita pakai untuk faktor-faktor polos seperti kinerja dan, lebih buruk lagi, kenyamanan– dapat berfungsi sebagai gaya. Dia belum di perusahaan sepatu, Knight bersikeras. Dia tetap di perusahaan hiburan rumah.

Sepatu Nike Fashion Untuk Berlari

Sneakers dimulai sebagai hal-hal high-end. Sepatu atletik bersol karet pertama memulai debutnya di AS pada tahun 1890-an, karena tapak adalah faktor, dari Perusahaan Karet AS. Karet, saat itu, mahal, dan juga waktu luang jarang terjadi; campuran itu berarti bahwa alas kaki mutakhir dipakai, sebagian besar, hanya oleh para elit.

Pasar sepatu sepatu tumbuh, bagaimanapun, pada awal abad ke-20 – khususnya setelah Perang Dunia I, yang hasilnya benar-benar menghasilkan fokus nasional pada kebugaran fisik dan juga atletis. Ketika tikus-tikus olahraga pertama di negara itu datang ke tempat kejadian, bisnis sepatu mulai memproduksi sepatu secara massal untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Sebagai umpan balik terhadap demokratisasi itu, muncullah di antara anggapan paling awal tentang sepatu-as-fashion. Pada tahun 1921, untuk mengatur variasi sepatu yang menonjol baru-baru ini selain dari para pesaingnya, satu bisnis merekrut pemain bola basket – keduanya untuk meningkatkan desain sepatu mereka dan kemudian menempatkan namanya pada produk akhir. Bisnis? The Converse Rubber Shoe Company. Atlet? Chuck Taylor.